NASA Temukan Bintang 'Kanibal'


Bintang raksasa merah berusia milyaran tahun ini disebut BP Piscium.
Palalupeyank-Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA menemukan bintang "kanibal", bintang ini diduga memakan bintang-bintang yang ada di dekatnya.



Bintang raksasa merah berusia milyaran tahun ini disebut BP Piscium. Bintang ini diperkirakan suka menelan bintang muda. BP Piscium terletak Matahari 1.000 tahun cahaya di konstelasi Pisces. NASA menemukannya dengan bantuan observatorium sinar-X Chandra.

Para ilmuwan mulai mempelajari bintang ini sejak 15 tahun yang lalu. Mereka takjud dan heran dengan penampilan bintang yang tidak biasa.

Astronom terkemuka percaya bahwa bintang ini adalah raksasa merah, bintang yang mengalami evolusi tahap akhir. Mereka menyimpulkan bahwa debu dari materi terbentuk dari sisa-sisa bintang muda yang telah dikonsumsi dan "dicerna".

Profesor Joel Kastner dari Institut Teknologi Rochester, New York, mengatakan para peneliti telah menemukan kasus langka dari "kanibalisme bintang". "Dasar spekulasi kami setelah mengamati bintang tepat pada titik di mana dia menelan pendampingnya dan membentuk cakram," kata Kastner.

Para ilmuwan percaya bahwa Bumi suatu hari nanti bisa menjadi korban nasib yang sama tetangga malang BP Piscium's.

David Rodriguez dari University of California, Los Angeles, mengatakan Bintang ini menunjukkan kepada kita bahwa bintang seperti matahari kita bisa hidup tenang selama milyaran tahun, tetapi ketika mereka pergi, mereka bisa mengambil bintang atau planet. [palalupeyank.blogspot.com]

Artikel Terkait Lainnya