Heboh penemuan tulang Naga Toboali (Bangka) ataukah Tulang Paus ?

Baru-baru ini di hari Raya pertama Idul Fitri 1431 H, Masyarakat Toboali dihebohkan dengan penemuan tulang rangka yang di issuekan sebagai seekor “Naga berkaki enam”. Konon katanya panjangnya mencapai ratusan meter. Untuk mengobati rasa penasaran, kami datang langsung kelokasi penemuan. Nah, untuk semuanya yang pernah/belum mendengar tent...ang berita tersebut, kami berbagi berita berupa Fhoto dan sekilas info tentang “ Mistery Naga “.

1. Lokasi Kerangka Tulang Di Desa Limus, dari Toboali arah utara melewati daerah transmigrasi, jaraknya ± 15 km. Disimpan di rumah seorang nelayan setempat sebagai sang penemu “Naga”. Menurut beliau Kerangka tersebut ditemukan pada hari kelima bulan Puasa 1431 H dilaut pada kedalam ± 3m didepan muara sungai Nyire. Saat ditemukan terlihat ada semacam pukat yang tersangkut pada sesuatu yang tersembul di atas permukaan air. Setelah didekati dan ditusuk-tusuk dengan ujung dayung ternyata itu adalan kerangka tulang yang posisinya melengkung seperti bulan sabit. Seterusnya Kerangka tersebut diambil dengan angkutan perahu, Untuk kerangka bagian kepala diperlukan tenaga 15 orang untuk mengangkatnya.

2. Menurut penuturan sang penemu pada saat terlihat pertama yang berupa pukat dan sesuatu yang menonjol, itu adalah bulu2 dan tanduk pada kepala kerangkan tersebut. Bulu2 tersebut seperti layaknya rumbai bulu pada kepala seekor kuda. Benda tersebut tidak ada di fhoto lantaran menurut sang penemu, setelah benda tersebut yang sebelumnya telah dilihat oleh Bapak Bupati Basel tidak diperlihatkan lagi pada umum.


3. Sebagai yang telah melihat langsung kerangka tersebut dapat kami beri gambaran, lingkar badan “mahluk” tersebut berkisar ± 2 m dengan panjang badan ± 15 meter. Dilihat dari bentuk kerangka kepala mengarah kepada bentuk seeokor ikan paus.Hanya pada tulang ekor yang masih terdapat sisa daging yang menempel, pada bagian tulang yang lain bersih dan berwarna putih kusam.Sebelum heboh masuk infotainment kayak cerita tuyul, pocongkkk dll yang bikin enegh n mengada-ada..., ane mau kasih analisa supaya nggak usah terlalu heboh.

------------------>>>>

Sebelum heboh masuk infotainment kayak cerita tuyul, pocongkkk dll yang bikin enegh n mengada-ada..., ane mau kasih analisa supaya nggak usah terlalu heboh.

Ini investigasi google ane gan. Menurut ane,
itu kerangka ikan paus! Mengapa nelayan menganggap itu Naga? ada beberapa sebab, yang ane garis bawahi dari berita sebelumnya yang jadi HT itu.

1) Nelayan melihat ada bulu-bulu dikepala, seperti bulu kuda. Apa itu?

2) Nelayan melihat tulang seperti tanduk di kepala.

3) Pengaruh mitos setempat


Mari kita ulas:


1) Bulu-bulu seperti bulu kuda:
itu adalah memang bulu-bulu yang ada didalam mulut ikan paus. Fungsinya untuk menyaring plankton. Nama ilmiahnya adalah
"baleen plates".

Ini gambarnya gan:






tkp disini tonton videonya sekalian, puas dahh ente.

Ini baleen plates lengkap sama belulang lainnya:

tkp disini



2) Tanduk Naga

Menurut ane, tanduk naga yang dimaksud itu sebenarnya adalah bagian rahang gan. Coba bayangin tulang bagian atas yang runcing2 dan masih nempel baleen platesnya kedorong2 ombak akhirnya mencuat vertikal ke atas, ya jadi mirip tanduk yang ada rumbai-rumbai rambut kuda. bisa aja toh???

Juga, perhatikan kemiripan bentuk dua foto ini:
Ini foto "paus" Toboali


Sedangkan yang ini, bagian dari lokasi yang juga relatif sama, foto paus tulen dari Alaska

tkp disini

Juga, perhatikan lagi adalah tulang belikat "paus" toboali (bagian kiri, yg spt kampak wiro sableng). Tulang ini nama ilmiahnya adalah SCAPULA.


yang ini tulang scapula paus tulen

tkp disini
Gimana.. sama kan????


3) Mitos Setempat

Masyarakat Bangka khususnya etnis Tionghoa memang akrab dengan mitos Naga gan, sebagai lambang kemakmuran.. Ini buktinya, masyarakat suka bikin replika naga, saking seriusnya, malah berhasil masuk MURI:

tkp disini tapi yang ini dibuat dari bambu, kertas dan lem sagu hihihi...

jadi nggak heran kalau yang namanya berita dari mulut ke mulut ditambah juga nelayan juga kadang lagi capek kali yee.. akhirnya terdistorsi lah berita tulang itu menjadi tulang naga berkaki enam, apalagi, yang diliat cuma struktur tulang punggung ekstra panjang, lurus tanpa ada tulang pinggul spt layaknya mamalia darat.. ya udah... jadilah dikira ular raksasa. [kaskus]

Artikel Terkait Lainnya