Inilah Komputer Yunani Kuno (Jam Mekanik Antikythera)

http://u.kaskus.us/3/ebiekrqa.jpg
Pada tahun 1901 seorang penyelam yang bekerja di pulau Antikythera menemukan sisa-sisa jam mekanik clocklike berumur 2.000 tahun. Mekani jam ini sekarang diyakini tampaknya dulu digunakan untuk menghitung gerakan bintang dan planet-planet oleh Derek J. de Solla Harga.


Di antara harta dari Museum Arkeologi Nasional di Athena Yunani adalah sisa-sisa objek ilmiah yang paling kompleks yang telah diawetkan dari jaman dahulu. Sebagai fakta unik, benda ini terkorosi dan tidak hancur dari 2.000 tahun di bawah laut, roda gigi dan piring berisi tulisan yang menantang sejarawan dengan masalah rumit. Karena penemuan ini, kita mungkin harus merevisi banyak dari perkiraan tentang ilmu pengetahuan Yunani Kuno. Dengan mempelajari mereka, kita mungkin menemukan petunjuk penting bagi asal-usul sebenarnya dari teknologi ilmiah yang tinggi yang sampai saat ini telah tampak aneh bagi peradaban modern kita, pengaturan itu terpisah dari semua budaya di masa lalu.


Dari bukti fragmen seseorang bisa mendapatkan ide yang baik dari penampilan objek asli.Terdiri dari kotak di luar dan perakitan yang sangat kompleks roda dipasang dalam, ia menyerupai jam yang dibuat dengan baik abad 18. Pintu berengsel ke kotak yang dibuat untuk melindungi, dan pada semua permukaan yang tersedia dari kotak, yang menggambarkan operasi dan konstruksi dari instrumen. Sedikitnya 20 roda gigi mekanisme telah diawetkan, termasuk perakitan sangat canggih roda gigi yang terpasang eksentris pada meja putar dan mungkin berfungsi sebagai semacam epicyclic atau diferensial, sistem roda gigi.

Bisakah kita sebenarnya pastikan bahwa itu perangkat peninggalan kuno? Jika kita dapat, apa tujuannya? Apa itu memberitahu kita tentang dunia kuno dan evolusi sains modern? Untuk otentikasi fragmen penanggalan yang menceritakan kisah tentang penemuan mereka, yang melibatkan (meskipun tidak sengaja) petualangan di arkeologi bawah air. Tepat sebelum Paskah pada tahun 1900 segolongan dari Dodecanese-penyelam spons didorong oleh badai ke dekat pulau kecil Yunani selatan Antikythera.

http://1.bp.blogspot.com/_FB8hNjiNySM/SKJatcM3lwI/AAAAAAAAAHo/CLghDSpsu6I/s320/antikythera.jpg


Di sana, pada kedalaman sekitar 200 meter, mereka menemukan bangkai kapal kuno. Dengan bantuan arkeolog Yunani kecelakaan itu dieksplorasi; perunggu beberapa patung-patung marmer halus dan objek lainnya ditemukan.Temuan menciptakan kegembiraan besar, tetapi kesulitan untuk menyelam tanpa alat berat yang besar, dan pada bulan September, 1901, pencarian dihentikan. Delapan bulan kemudian Valerios Stals, seorang arkeolog di Museum Nasional, sedang memeriksa beberapa gumpalan kaku perunggu berkarat yang telah disisihkan sebagai kemungkinan potongan patung patah.

Sekarang telah diakui bahwa kecelakaan itu terjadi selama abad pertama SM Gladys Weinberg Athena sudah cukup baik untuk melaporkan kepada kita hasil dari beberapa pemeriksaan arkeologi baru-baru ini seperti amphorae, gerabah dan benda-benda kecil dari apal. Tampaknya dari laporan bahwa salah satu alasan mungkin tanggal-dengan kemampuan menghancurkan lebih dekat kepada 65 SM ± 15 tahun. Selain itu, karena obyek yang dapat diidentifikasi berasal dari Rhodes dan Cos, tampaknya bahwa kapal mungkin telah berlayar dari pulau-pulau ke Roma, mungkin tanpa singgah di daratan Yunani.

Fragmen yang pertama tertangkap mata StaÎs adalah salah satu piring terkorosi tertulis yang merupakan bagian integral dari mekanisme Antikythera. StaÎs melihat langsung bahwa prasasti itu kuno. Dalam pendapat epigrapher Benyamin Dekan Meritt, bentuk huruf adalah dari abad pertama SM, mereka hampir tidak lebih tua dari 100 SM atau lebih muda dari masa Kristus. Penanggalan ini didukung oleh isi prasasti. Sebagai contoh, bagian yang paling luas lengkap dengan tulisan merupakan bagian dari parapegma (kalender astronomi) yang mirip dengan yang ditulis oleh Geminos, yang diduga tinggal di Rhodes sekitar 77 SM, dengan demikian dapat cukup yakin bahwa mekanik ini tidak menemukan jalan dan terbawa dalam kecelakaan pada beberapa waktu kemudian.


http://2.bp.blogspot.com/_b4CKN3L7c2Y/SjISbhqPZaI/AAAAAAAAABw/OrEQ4VWSyqU/s320/antikythera-mechanism.jpg

Beberapa rincian teknis sangat menarik. Tombol depan menyediakan spesimen luas dikenal dari jaman dahulu sebagai instrumen ilmiah yang baik. Ketika kita mengukur ketepatan di bawah mikroskop, kita menemukan bahwa kesalahan rata-rata mereka selama 45 derajat terlihat sekitar seperempat dari yang seharusnya.

Tetapi bahkan dari bukti-bukti dari beberapa kata yang lengkap seseorang bisa mendapatkan ide pokok. Matahari disebutkan beberapa kali, dan planet Venus sekali; istilah yang digunakan mengacu pada stasiun dan retrogradations planet; diberi nama ekliptik. Sebuah garis satu prasasti signfficantly catatan “76 tahun, 19 tahun.” Hal ini mengacu pada siklus Calippic terkenal 76 tahun, yang empat kali siklus Metonik 19 tahun, atau 235 synodic (lunar) bulan. Baris berikutnya termasuk nomor “223″, yang mengacu pada siklus gerhana bulan lunar 223.

Menyusun informasi yang dikumpulkan sejauh ini, tampaknya masuk akal untuk menduga bahwa tujuan seluruh perangkat Antikythera adalah untuk memekanisasi, semacam hubungan siklis, yang merupakan fitur kuat astronomi kuno. Menggunakan siklus dengan desain gearing yang akan beroperasi dari satu tombol yang memiliki roda yang berputar setiap tahun, dan gearing ini berbelok dengan serangkaian roda lain yang akan pindah pointer mengindikasikan sidereal, synodic dan draconitic bulan. Siklus serupa dikenal karena fenomena planet, bahkan jenis teori aritmatika adalah tema sentral dari astronomi Babel Seleukus, yang dikirim ke dunia Helenistik dalam beberapa abad terakhir SM. Skema Aritmatika tersebut sangat berbeda dari teori geometris lingkaran dan epicycles dalam astronomi.

sumber :http://alisalvation.blogspot.com

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Inilah Komputer Yunani Kuno (Jam Mekanik Antikythera)"

Poskan Komentar