WAJIB SIMAK: BUSWAY BOGOTA jauh lebih baik dari Jakarta..

WAJIB SIMAK: BUSWAY BOGOTA jauh lebih baik dari Jakarta..

Juragan kaskuser, thread ini menampilkan gambaran trans milenio sistim transportasi canggih dari bogota -columbia- amerika selatan sebagai cikal bakal berdirinya trans jakarta... Bukan maksud ane menghina bus trans-jakarta yg managemennya "super amburadul", mana ada di dunia jalurnya sudah siap, busnya belum datang-datang juga selama dua tahun...pengemudinya banyak yg arogan & kurang ramah, tidak pernah menunggu penumpang yg lari-lari,tampang sih keren pake jas dan dasi segala seperti mau kondangan ,belum kalo di jalan keren banget ngebutnya ,supir metromini sih belum apa-apa, udah berapa banyak yg meninggal kena sundul gan, mentang-mentang gak pernah ditilang dan punya jalur khusus. Haltenya jorok dan penuh foto kopian petunjuk tempelan ,juga di kaca bus : isi bbm ,express, susah banget melihatnya, bukan ditempel di atas bus seperti lazimnya di negara lain...belum itu tali rafia warna-warni mirip tali jemuran di hongkong masih bertebaran di banyak halte, memangnya kaga bisa pake "tali yg bagusan dikit" dan yang agak aneh design seragamnya kondektur...ada yg mirip petugas pemadam kebakaran dan ada juga yang mirip seragam pelaut kapal selam...yang simple aja kenape bang ???
Ini info aja gan dulunya pemda dki mau meniru yg di bogota pada era sutiyoso,tapi belum mampulah kita sekalipun meniru..semoga kopian trans jakarta bisa mendekati aslinya gan...

Buat management trans
jakarta... Ane minta maap ye bang kalau ada kate-kate yg kelebihan....ane bicara fakta bukan rekayasa..semoga ada perubahan kearah yang lebih baik...pemda dki sudah berupaya tapi mungkin birokrasi dan sikon di lapangan yang kurang menunjang...
Apalagi kalo di indonesia bebas korupsi pasti bisa sama dengan di bogota,bahkan lebih hebat.. Index gdp (gross domestic product) kota bogota usd 100.00 dan kota jakarta usd 97.00 beda beda tipis banget...

PENGEMUDI LEBIH SANTAI DAN RAMAH GAK PERLU KAYA MAU KONDANGAN:



LEBIH RAPI LEBIH BERSIH:


HALTE LEBIH KOKOH:


MAP LEBIH SIMPEL DAN JELAS:


JEMBATAN KHUSUS:


DUA JALUR GANDA UNTUK YG EXPRESS LEWAT TERUS:


TEMPAT DUDUK NYAMAN 2-2 BUKAN NONTON PENUMPANG BERDIRI:


PERBAIKAN JALUR CEPAT DAN RAPI:


BAYI DAN PENDERITA CACAT LEBIH DIHARGAI:


PETUNJUK ROUTE BUKAN TEMPELAN KERTAS FOTOKOPI:


LENGKAP TEMPAT PENITIPAN SEPEDA UTK PROGRAM : GO GREEN:


KORIDOR HALTE SANGAT BERSIH:


TIDAK ADA YG NYEROBOT JALUR:


LEBIH BERSAHABAT DENGAN PUBLIK:


INTERIOR HALTE LEBIH KEREN PETUNJUK JELAS BUKAN KERTAS FOTO KOPIAN:


BUS JAUH LEBIH KEREN:


BUS GANDENG TIGA DENGAN KAPASITAS 240 PENUMPANG SEGERA DIOPERASIKAN":




KOMENTAR KASKUSER

komentar:

harga tiket busway bogota 1500 peso kira² 7500 jadi wajar lah kalo lebih bagus..
jalur busway di bogota tuh lebih pendek dari jakarta, di jakarta punya jalur busway terpanjang di dunia loh gan

Sebelum busway bogota TransMilenio dioperasikan, walikota bogota Penalosa menggusur permukiman liar dan menatanya. Warga pendatang yang tak punya kartu tanda penduduk Bogota dipulangkan ke daerah asal. Warga yang ber-KTP Bogota direlokasi ke pinggiran kota.

Permukiman di pinggiran kota pun dibangun menyerupai rumah susun (rusun), tetapi jauh lebih manusiawi ketimbang rusun yang pernah dibangun di Jakarta. Kompleks perumahan seperti ini terlihat, lain, di El Recreo Urbanization.

Tidak hanya itu, Penalosa juga mewajibkan semua bangunan di tepi jalan raya mundur tiga meter atau lebih demi pelebaran jalan. Hasilnya, hingga kini lebih dari 300.000 meter persegi ruang publik berhasil ditata (recuperate), dan dibangun untuk trotoar, jalur pedestrian, ruang terbuka hijau, dan lorong, serta jalur tambahan jalan utama.

Penalosa merevitalisasi angkutan umum dalam wujud BRT TransMilenio berkelanjutan, dan menjadikannya tulang punggung kemajuan kota. Pembangunan infrastruktur busway beriringan dengan proses lelang pengadaan bus. Saat konstruksi infrastruktur selesai, bus pun sudah siap.

Satu hal penting yang tidak dijadikan sebagai contoh oleh Jakarta dari Bogota ialah soal penyiapan jalur pengumpan dan armadanya. Bogota terlebih dahulu menyadari kemungkinan adanya kebuntuan lalu lintas jika pembangunan busway tanpa bus pengumpan atau feeder.

kelebihan yang paling utama (dan belom ditaro di page one) menurut ane sih ga adanya mobil dan motor yang masuk ke jalurnya busway, jadi ga ada bus yang tersendat karena orang-orang tolol (pengemudi mobil dan motor) yang punya duit (untuk beli mobil/motor) tapi ga punya otak (jelas2 jalur busway, malah ngotot masuk, giliran kesenggol, kalo ngga mati, ngamuk).

Kalo menurut ane, berhubung untuk buat jalan lagi udah ngga mungkin, tetep busway itu adalah cara paling ampuh untuk saat ini untuk mengurangi (minimal mencegah bertambahnya) kemacetan. Karena kalo pada patuh (ga ada orang2 tolol yang nyerobot masuk ke jalurnya busway), secara psikis pengguna kendaraan pribadi akan merasa bahwa naik busway itu lebih enak, karena punya jalur sendiri, jadi ga kena macet dan lebih cepat sampai. Akhirnya pengguna kendaraan pribadi akan banyak yang beralih ke busway, otomatis jalanan jadi berkurang kemacetannya.

source

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "WAJIB SIMAK: BUSWAY BOGOTA jauh lebih baik dari Jakarta.."

Poskan Komentar