Super Komputer : Komputer Paling Powerful, Cerdas Sekaligus Anggun

Superkomputer adalah komputer dengan kemampuan luar biasa karena didukung ribuan prosesor dengan kemampuan proses perhitungan hingga menembus batas petaflops. Postingan Geghans kali ini menceritakan bagaimana kemunculan awal dan perkembangannya.



"Komputer di masa depan beratnya tidak akan lebih dari 1,5 ton."
- Popular Mechanics (1949)


Komputer Rekaan by Bruce Zick

Superkomputer Dulunya
Apa yang dijadikan contoh pertama yang sebenarnya dari sebuah komputer masih menjadi perdebatan: beberapa menyebutkan mesin Abacus, lainnya Antikythera, dan bahkan ada yang menyebutkan mesin Charles Babbage dari tahun 1800. Tapi darimanapun asalnya, dengan munculnya era digital, komputer makin berkembang secara dahsyat.


Salah satu superkomputer yang pertama adalah dari jajaran mesin-mesin Konrad Zuse. Dibuat tahun 1930-an dan 40-an, merupakan komputer-komputer pertama yang bisa diprogram sekaligus multi-function.


The Z1 computer
. Di depan ada engkol manual untuk mengatur clock frequency dengan tangan. - source


The Z1 computer
di ruang tamu orang tua Konrad Zuse tahun 1936

Konrad Zuse juga jago melukis - dengan menggunakan nama samaran Kuno See, dan pernah ikut pameran-pameran:


gambar via

Segera setelahnya, Inggris, yang butuh mesin pemecah angka serius selama dalam perang, membangun mesin bernama Colossus - langsung dirahasiakan ketika rampung.


gambar via


Harvard Mark-I sedang dugunakan, 1944 - seukuran ruangan, kalkulator relay-based. via

Tidak ketinggalan Amerika, mereka punya jajaran mesin sendiri yang powerful. Yang pertama adalah Model K, lalu ABC, diikuti oleh Automatic Sequence Controlled Calculator, dan kemudian muncul sang legenda, ENIAC.


gambar via

ENIAC disebut sebagai suatu karya seni, otak elektronik sejati yang mampu melakukan perhitungan dengan luar biasa. Di masa kini kita dapat melakukan hal yang sama hanya dengan sebuah kalkulator murah. Tapi di tahun 1943, ENIAC adalah rajanya.

Setelah ENIAC datang EDVAC, dengan perubahan yang lebih banyak dari sekedar huruf-huruf. Didesain oleh si brilian John von Neumann, jajaran komputer-komputer ini merupakan lompatan monumental dalam kemampuan komputasi, fleksibilitas, dan kecepatan.


gambar via

Dalam catatan lain, awal 1945, mesin-mesin ini memunculkan terminologi "bug" untuk suatu masalah di mesin. Gara-garanya Grace Hopper, benar-benar memang menemukan serangga di sirkuitnya.

------------

Mesin yang Semakin Besar dan Semakin Pintar

Tahun 60-an, eranya transistor, memunculkan mesin-mesin komputer yang lebih besar dan lebih pintar. Dipimpin pabrikan-pabrikan utama seperti IBM, mesin-mesin ini menjadi raksasa lampu-lampu yang berkedip dan gulungan tape yang berputar, mampu menangani kekacauan prediksi cuaca sekaligus data-data pajak dengan segala kemudahannya.









Gary Kasparov-pun Harus Takluk dalam 6 Game !

Pertarungan catur manusia vs mesin yang pertama juga menjadi perdebatan, dimana sepertinya beberapa gelintir programmer dahulu telah mencoba untuk mengalahkan ciptaannya sendiri. Transistor itu benar-benar superior untuk mengalahkan otak manusia.



Di tahun 1981 Cray Blitz mengambil mahkota juara dari Joe Sentef, lalu tahun 1988, Deep Thought membagi kemenangan dengan Tony Miles - disebutkan sebelumnya mesinnya bermasalah sedikit. Tapi mungkin saja itu tidak benar, karena setelah itu, Gary Kasparov mengalahkan mesin itu dalam dua game. Dan di tahun 1997, Deep Blue membalaskan kekalahan saudara kandungnya dengan kemenangan atas Gary Kasparov dalam 6 game (Lihat hasil pertarungan bersejarah ini selengkapnya di sini).


IBM Deep Blue

Gary Kasparov vs Deep Blue




MareNostrum - Kombinasi Sempurna Kecantikan Sekaligus Kecerdasan

Yang menarik mengenai generasi baru superkomputer adalah bukan hanya mesin-mesin ini super-cerdas, tetapi juga sosoknya yang "super-sexy".

gambar via

Lihat saja MareNostrum, monster yang berlokasi di Barcelona ini mungkin cuma pernah menduduki peringkat ke-8 dari jajaran superkomputer paling powerful di dunia, tapi pastinya sosoknya adalah yang paling mengagumkan. Jajaran mesin-mesinnya menjulang di dalam ruangan kaca kontrol-cuaca, perpaduan sempurna nuansa abad 21 dan arsitektur kuno gedungnya. Mesin ini digunakan untuk kepentingan modelling cuaca hingga untuk membantu mengurai genome (genetik) manusia.

The Torre Girona chapel - gedung dimana MareNostrum bercokol:





Superkomputer ini terdiri dari 2560 node JS21 blade computer, masing-masing dengan 2 prosesor dual-core 64-bit PowerPC 970MP dengan kecepatan 2,3 GHz dengan total keseluruhannya 10240 CPU. Memiliki 20 TB RAM dan 280 TB eksternal harddisk.

Untuk diketahui, hingga November 2008 superkomputer tercepat di dunia saat ini masih dipegang oleh IBM Roarunner yang didesain untuk menangani proses hingga 1,7 petaflops. Ditenagai dua jenis prosesor yaitu dari AMD Opteron 2210 dan IBM PowerXCell 8i. Mesin ini dibentuk oleh clustering 3240 komputer, masing-masing dengan 40 prosesor.

IBM Roadrunner - masih yang tercepat saat ini

Daftar superkomputer yang pernah menjadi yang paling kencang di muka bumi Anda bisa lihat di bawah ini:

* IBM Roadrunner (sejak Juni 2008 - sekarang)
* IBM Blue Gene/L (November 2004 - Juni 2008)
* NEC Earth Simulator (Juni 2002 - November 2004)
* IBM ASCI White (November 2000 - Juni 2002)
* Intel ASCI Red (Juni 1997 - November 2000)
* Hitachi CP-PACS (November 1996 - Juni 1997)
* Hitachi SR2201 (Juni 1996 - November 1996)
* Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1994 - Juni 1996)
* Intel Paragon XP/S140 (Juni 1994 - november 1994)
* Fujitsu Numerical Wind Tunnel (November 1993 - Juni 1994)
* TMC CM-5 (Juni 1993 - November 1993)


Sedangkan untuk saat ini, hingga November 2008, daftar 10 besar superkomputer terkencang adalah sbb. :








Superkomputer Grafik Terhebat Akan Dibangun untuk Games dan Film

Masa depan permainan game dan sinema nantinya sepertinya akan terlihat pada konsep"AMD Fusion Render Cloud".
"AMD punya sejarah panjang di dunia superkomputer. Tujuh dari 10 superkomputer tercepat, termasuk dua komputer paling kencang sedunia ditenagai oleh perangkat keras dari AMD." ujar CEO Dirk Mayer. "Sekarang ini, AMD dengan bangga mengumumkan jenis baru superkomputer yang belum pernah dibuat sebelumnya. Didesain untuk menembus batas satu petaflop, dan memproses 1 juta perhitungan melalui lebih dari 1000 graphic processors.



Konsep penghitungan HD cloud: "Bayangkan memainkan game shooter yang paling canggih pada kualitas image terbaik di handphone Anda tanpa harus download dan meng-installnya, atau memanfaatkan lebih media penyimpanan atau battery life dengan beragam fungsi canggih."

Ini adalah detail view dari robot yang digunakan pada AMD Cinema 2.0 demo yang baru (saksikan di sini)





Meyer mengklaim bahwa AMD Fusion Render Cloud akan menjdai superkomputer grafik tercepat yang pernah dibuat, dan akan siap digunakan di paruh kedua 2009. "Sekali di-render dan disimpan di environment cloud ini, datanya dapat dikompres dan dengan streaming secara real time melalui koneksi broadband wireless ke perangkat-perangkat seperti smartphone atau laptop."
Kita tunggu saja kehadirannya.

Sekedar Anda tahu bahwa superkomputer ternyata butuh air juga untuk mengademkannya. Lihat video cool ini:


sumber

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Super Komputer : Komputer Paling Powerful, Cerdas Sekaligus Anggun"

Poskan Komentar