Sejarah Back Pass dalam Sepakbola dan Piala Dunia 1990

Halo agan dan aganwati sekalian, pumpung lagi rame ramenya piala dunia nih, ane cuma mau share nih sedikit tentang sejarah sepak bola yang semoga dapat nambah ilmu agan dan aganwati. Olahraga paling terkenal sejagat raya ini emang engga habis-habisnya buat dibahas . Kali ini saya akan membahas tentang peraturan back pass dalam sepakbola

Yap, Backpass adalah aturan yang melarang kiper menangkap bola dari umpan menggunakan kaki dari teman satu timnya( Jadi kalo pake kepala atau badan boleh ditangkep, tapi jangan tangan loh, entar handball ). Jika seorang kiper melakukan ini, maka akan diberi hadiah tendangan bebas tidak langsung dari TKP, tendangan yang tidak boleh diarahkan langsung ke gawang dalam sekali sentuh. Agan pusing ya bacanya , yaudah nih ane kasih contoh kejadiannya

ini adalah backpass yang dilakukan oleh kiper arsenal, Lukasz Fabianski waktu Arsenal vs F.C. Porto di liga champions.
coba liat deh si Fabianski malah pegang bola, dan hukumannya adalah tendangan bebas tidak langsung dari TKP. Si pemain porto umpan dulu baru masukin ke gawangkan? Karena emang ga boleh kalo dimasukin langsung. Nah, itulah yang disebut TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG

Tahukah agan agan bahwa di era sebelum tahun 1990 peraturan ini belum ada. Jadi setiap tim di piala dunia sering melakukan ini untuk strategi bertahan dan juga mengulur ngulur waktu. Bahkan waktu piala dunia 1990, Pat Bonner, kiper Irlandia menahan bola 6 menit dengan cara menggiring bola mengitari kotak penalti lalu kembali memegangnya
(agan agan yang udah sepuh pasti tau nih )



Adalah piala dunia tahun 1990, yang dikenal sebagai piala dunia yang paling tidak atraktif, karena ke-24 tim yang ikut serta menampilkan penampilan yang sangat bertahan. Inilah Piala Dunia yang paling minim gol, tapi dengan kartu merah paling banyak. Hanya 115 gol tercipta dalam 52 pertandingan atau rata-rata 2,21 per pertandingan. Sedangkan wasit mengeluarkan 16 kartu merah dan 164 kartu kuning atau rata-rata 3,46 per pertandingan.

Oiya, tambahan hal hal menarik dari Piala Dunia 1990:
1. Merupakan piala dunia terakhir dimana seorang kiper dapat menerima back pass

2. Merupakan terakhir kali pertandingan di piala dunia jika menang mendapat 2 poin (kalo sekarang kan menang = dapet 3 poin). FIFA membuat peraturan itu dengan alasan yang sama yaitu untuk meningkatkan keatraktifan pertandingan.

3. Merupakan terakhir kali wasit harus memakai jersey warna hitam, guna menghindari kesamaan dengan tim yang bertanding. Jadi setelah piala dunia ini wasit bisa milih jersey dengan warna selain hitam, meskipun hitam masih sering dipake.


4. Merupakan piala dunia terakhir di bagian belakang jersey pemain cuma tertulis nomer doang, setelah ini udah ada namanya dia atas nomer



5. Dan merupakan partisipasi terakhir Jerman menggunakan nama Jerman Barat, karena seterusnya berganti Jerman (saja) menyusul dirubuhkannya Tembok Berlin pada 9 November 1989

Quote:

Hal inilah yang membuat FIFA memutuskan untuk membuat peraturan yang melarang kiper menangkap back-pass itu tadi. Diperkenalkan mulai tahun 1992. Yah, maksudnya biar tercipta sepak bola atraktif kaya yang sekarang ini

source , source2

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Sejarah Back Pass dalam Sepakbola dan Piala Dunia 1990"

Poskan Komentar