Membuat Efek Bokeh dengan Photoshop CS2

Pernah liat efek blur bulat bulat dan berkaca pada hasil foto? pasti pernah donk...efek tersebut dinamakan Bokeh, awalnya efek tersebut cuma bisa dibuat dengan hasil jepretan kamera DSLR professional saja, namun dengan kecanggihan dunia digital studio, ternyata efek tersebut bisa dibuat dengan cukup mudah menggunakan Photoshop. Yang aku gunakan sekarang Adobe Photoshop CS2, tapi aku pikir caranya sama aja di Photoshop versi lainnya. Mohon maaf kalau tutorialnya kurang detail, aku anggap kalian yang akan mencoba sudah cukup familiar dengan tools photoshop.

Oke...kita langsung aja meluncur ke TKP :

  1. Buka program Photoshop Kamu, dan siapkan canvas berukuran 250 X 250 pixel, lho kok kecil banget...? sabar...ini canvas tuk buat brush bokehnya....Oiya jangan lupa mengatur Background Contentnya dalam bentuk transparent.
  2. Siapkan Shape berbentuk ellipse, dan beri warna #282828.
  3. Klik kanan layer shape ellipse tadi dan pilih Blending Options, atur nilai Fill Opacitynya 50%, dan beri Stroke warna hitam dengan ketebalan 10 pixel.

    Efek Bokeh

    Efek Bokeh

  4. Set Shape tadi sebagai Brush dengan mengklik Menu Edit>Define Brush Preset dan akhiri dengan OK.

    Efek Bokeh

    Sampai sini kita sudah punya brush yang bakal jadi modal utama dalam proses pembuatan bokeh ini. Oke kita lanjutkan...
  5. Sekarang buat Canvas baru berukuran Wallpaper Windows 1024 x 768 pixel.
  6. Beri warna dasar #282828 ( Nyaris Hitam ).
  7. Buat Layer baru, dan beri warna putih.
  8. Lalu, klik kanan layer baru tersebut dan pilih blending options gradient Color, lalu pilih warna gradasi Blue, Red, Yellow ( Opsi no 6 pada pallete warna gradasi Photoshop ), dan beri Nilai Opacity 25% dengan kemiringan 45% dan akhiri dengan OK.

    Efek Bokeh
  9. Masih dengan layer tadi, pilih Blend Mode Darken.
    Hasilnya Kira kira akan seperti ini :



  10. Sekarang kita lanjutkan dengan menambahkan efek bokehnya. Buat Grup Layer baru, dan ganti Blend Modenya menjadi Color Dodge.
  11. Buat layer baru dalam grup tersebut, dan aktifkan tool Brush, atur nilai properties brush menjadi seperti berikut :

    Efek Bokeh

    Efek Bokeh

    Efek Bokeh
  12. Buat Layer pertama dengan brush ukuran 150 pixel, tarik secara diagonal ( sesuai selera ) dan akhiri dengan memberi efek Filter>Blur>Gaussian Blur, beri nilai 20 pixel dan akhir dengan OK.
  13. Buat Layer kedua dengan brush ukuran 85 pixel, tarik secara diagonal ( sesuai selera ) dan akhiri dengan memberi efek Filter>Blur>Gaussian Blur, beri nilai 5 pixel dan akhir dengan OK.
  14. Buat Layer kedua dengan brush ukuran 35 pixel, tarik secara diagonal ( sesuai selera ) dan akhiri dengan memberi efek Filter>Blur>Gaussian Blur, beri nilai 1 pixel dan akhir dengan OK.
  15. Dan tada....hasil akhirnya akan seperti ini :

    Efek Bokeh

    Cobalah bermain kembali pada langkah ke 8 dan lalu bereksperimenlah dengan warna sesuai dengan selera kamu..


    Hasil Eksperimenku :

sumber

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Membuat Efek Bokeh dengan Photoshop CS2"

Poskan Komentar