[info+pic] pesona kota balikpapan

Balikpapan adalah kota kedua terbesar di provinsi Kalimantan Timur. Terletak di suatu teluk kecil di Selat Makassar, sekitar 115 km dari Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Sebagian besar dikelilingi oleh laut, Balikpapan adalah pusat utama minyak, pertambangan dan industri kayu. Kota ini kadang-kadang disebut "Gerbang Utama" Kalimantan. Memiliki salah satu bandara internasional, yang disebut Sepinggan, beberapa pelabuhan, seperti Semayang dan somber dan satu pelabuhan untuk industri minyak dan pelabuhan internasional di Kariangau untuk masa depan. Selain itu, Balikpapan, juga dikenal sebagai kota kaya, bersih, dan salah satu kota teraman di Indonesia. Dikelilingi oleh teluk dan selat, disebut Teluk Balikpapan dan Selat Makassar, kota ini juga memiliki potensi untuk bisnis, seperti perdagangan dan pariwisata. Banyak beragam orang tinggal di kota balikpapan ini, seperti: Dayak, Bugis, Jawa, dan berbagai suku pendatang lainnya.

lagu hymne Balikpapan:
hymne Balikpapan









pulau Tukung....tanah lotnya kota Balikpapan...bisa dikunjungi jika pantai surut

pulau tukung:















pertamina Balikpapan

pertamina Balikpapan:












Balikpapan di malam hari

Balikpapan:



















OLEH2 dari balikpapan:

1. Kebun Sayur, Pusat Kerajinan dan Oleh-Oleh Balikpapan
Bukan perkara sulit mencari oleh-oleh dan kerajinan di Balikpapan. Anda cukup mendatangi Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan “Pasar Kerajinan” yang menjual berbagai hasil kerajinan tangan khas Kota Balikpapan. Disini anda dapat menemukan kerajinan seperti : manik-manik dan batik dengan motif “ampik”;Perhiasan (gelang, anting, cincin, bros, dll) yg terbuat dari batu-batuan permata; juga kerajinan tradisional “Dayak” lainnya (mandau dan senjata lainnya).
Pasar kerajinan ini juga berdampingan dengan pasar oleh-oleh untuk buah-buahan dan juga makanan khas Balikpapan seperti Amplang dan makanan kering lainnya.

foto:



2. Gan.. cobain yang ini gan, Buah "Lei"....mirip buah durian, tapi lebih kecil bentuknya

update (beberapa tempat wisata)

1. MONPERA( MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT)
Monumen ini terletak di pusat kota tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman persis didepan kantor Markas KODAM VI Tanjung Pura. Monumen ini menggambarkan perjuangan dan keberanian rakyat Indonesia dalam melawan bangsa penjajah.

monumen:













2. Pantai Melawai

Pantai yang teletak di Jl. Jend. Sudirman dekat dengan Pulau Tukung, tempat dimana para pedagang menjual berbagai macam masakan - minuman yang nikmat dengan harga yang relatif murah. Pengunjung dapat duduk bersantai, bersantap diatas tikar sambil menikmati deburan ombak dan melihat kapal-kapal yang berlayar, lego jangkar maupun yang sedang menurunkan muatan di pelabuhan laut Semayang. Lokasi ini buka mulai pukul 17.00 - 20.30.

melawai:














3. Pantai Manggar Segarasari

Pantai dengan luas 13.000 m2 dengan air laut yang jernih, riak gelombang yang kecil serta pasir yang putih, merupakan tempat yang nyaman bagi mereka yang ingin bermain, berlayar maupun volley pantai. Tempat ini dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 - 18.00, dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum nomor 7. Lokasi pantai ini berada di Kelurahan Manggardan Teritip dengan jarak 9 km dari Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan.


pantai:












4. Kawasan Agrowisata KM. 23 Balikpapan

Taman ini diresmikan pada tanggal 17 Desember 1997 oleh mantan Wakil Presiden RI Tri Sutrisno. Dengan areal seluas 100ha, terletak di Jl. Soekarno Hatta Km. 23. Di dalam taman ini pengunjung dapat menikmati jenis-jenis tanaman tropis. Disamping itu juga terdapat peristirahatan atau piknik dengan fasilitas antara lain : Rumah Panjang (Lamin) yang terbuka untuk berteduh dengan ornamen Dayak, tempat berkemah dengan pemandangan yang alami serta Play Ground. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dan dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan roda dua mapun roda empat, juga terdapat angkutan kota trayek No. 8 dengan tarif Rp. 2.500,-

Kawasan Agrowisata KM. 23 Balikpapan:













5. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutang Lindung Sungai Wain merupakan salah satu hutan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Hutan Lindung dengan luas areal 10.025 ha. Sungai Wain sepanjang 18.300 m dengan airnya yang jernih, di kiri kanannya terdapat deretan hutan bakau. Habitat binatang yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain mulai dari ikan, kepiting, burung, kera, orang utan dan lain sebagainya. Pemanfaatan sungai ini juga sebagai sumber air bersih bagi Perumahan Pertamina dan Kilang Minyak yang ada di Kota Balikpapan.




Hutan Lindung Sungai Wain:



















Hutan Lindung Sungai Wain:

sumber

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "[info+pic] pesona kota balikpapan"

Poskan Komentar