Identitas 'Robin Hood' Cyber dari Latvia Terbongkar

Patung Robin Hood di Inggris (cc/olaf1541)

Jakarta - Seorang dedemit maya mendapat julukan 'Robin Hood' setelah aksi pembobolannya dianggap mengungkap 'borok' pemerintah Latvia. Siapakah dia sebenarnya?

Tokoh yang mengambil nama Neo itu telah terungkap oleh Kepolisian Latvia. Sang pelaku adalah seorang peneliti dari University of Latvia bernama Ilmar Poikans.

Ilmar bekerja di Fakultas Ilmu Komputer dan merupakan peneliti di bidang kecerdasan buatan. Seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Jumat (14/5/2010), Ilmar telah mengakui bahwa dirinya memang orang di balik aksi Neo.

Dalam aksinya, Neo mengungkap gaji pejabat pemerintah Latvia yang mencapai USD 7100. Di sisi lain, Latvia sedang melakukan penghematan besar-besaran dengan pemotongan gaji di berbagai tempat. Termasuk gaji guru yang dipotong sepertiganya menjadi USD 600.

Kepolisian Latvia sempat menahan pria berusia 31 tahun itu. Namun, kemudian, ia dilepaskan lagi karena Ilmar dianggap bekerjasama dengan baik.

Sebelumnya, aksi Kepolisian demi mengungkap identitas 'Robin Hood' Cyber ini sempat diprotes. Gara-garanya, aksi itu termasuk merazia rumah seorang wartawan yang ikut menyuarakan pesan Neo. Sekelompok massa pendukung Neo pun sempat berdemonstrasi di depan kantor kabinet.


( wsh / wsh )

sumber

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Identitas 'Robin Hood' Cyber dari Latvia Terbongkar"

Poskan Komentar