Gerhana Okultasi Venus – Mei 2010

Gerhana Venus atau Okultasi Venus, mana yang betul ? Dua-duanya mengandung arti yang sama. Sebuah peristiwa alam yang langka dan mungkin terjadi sekali seumur hidup kita yaitu Gerhana Venus. Gerhana Venus disebut juga Okultasi Venus, ada juga yang mengatakan Transit Venus. Peristiwa ini terjadi setiap 122 tahun sekali. Saya jelaskan sedikit mengenai fenomena alam ini.

Okultasi adalah suatu peristiwa yang terjadi ketika satu benda tersembunyi oleh benda lain yang lewat di antara pengamat. Okultasi Venus, adalah saat dimana planet Venus akan tertutup oleh Bulan.
Transit adalah kebalikan dari Okultasi. Transit terjadi bila ada benda kecil yang lebih dekat dengan pengamat melintasi benda lain yang lebih besar namun lebih jauh, seperti transit Merkurius atau Venus saat melintasi piringan Matahari.

Gerhana Venus adalah salah satu contoh fenomena yang akan terjadi pada Ahad, 16 Mei 2010 menjelang dan setelah Matahari terbenam di ufuk Barat. Gerhana Venus terjadi saat posisi bumi, bulan, dan planet Venus sejajar. Dari bumi, Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh bulan. Venus seolah-olah bergerak ke belakang bulan. Kalangan astronom menyebutnya okultasi.

Dari situs www.lunar-occultations.com, tercatat ada 70 kota di Indonesia dari 195 tempat di dunia yang bisa menyaksikan gerhana planet Venus. Di pulau Sumatera, diantaranya di langit Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, dan Palembang. Di Pulau Jawa, gerhana itu bisa dilihat dari semua wilayah termasuk pesisir utara dan selatan. Adapun di Kalimantan, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Ketapang, dan Palangkaraya. Sementara Sulawesi meliputi Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, dan Ujung Pandang. Wilayah lainnya antara lain, Bima, Denpasar, Mataram, Natuna, dan Ternate.

Nah, jika ingin melihat secara jelas Gerhana Venus Mei 2010 ini, anda bisa melihat di teleskop yang ada di Bosscha, Bandung. Namun anda harus rela antri, karena dipastikan akan penuh sesak yang berkunjung ketempat ini. Saya sediakan Video Gerhana Venus sebagai preview bagi yang penasaran melihat seperti apa fenomena langka ini.

Video Okultasi atau Gerhana Venus oleh Bulan 18 Juni 2007, by karunakarg – delhi:

source : Tempointeraktif.com sumber

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Gerhana Okultasi Venus – Mei 2010"

Poskan Komentar