Pesawat Tenaga Surya Pertama di Dunia Berhasil Terbang

Sebuah prototipe pesawat bertenaga surya untuk pertama kali berhasil diterbangkan dalam uji coba di Swiss.

Pesawat itu dibuat oleh penjelajah Bertrand Piccard, yang merupakan orang pertama yang berkeliling dunia tanpa berhenti dengan menggunakan balon pada tahun 1999.

Pesawat tersebut mempunyai sayap sepanjang sayap pesawat jumbo B 747, namun beratnya seperti sebuah mobil kecil. Dalam uji coba penerbangan selama satu setengah jam Rabu (7/4), sayap raksasa itu yang dilapisi dengan 12 ribu sel tenaga surya berhasil menggerakkan empat motor dan mengangkat pesawat setinggi 1000 meter ke udara.
Tak setetes bahan bakar pun digunakan oleh pesawat ini.

Penerbangan dengan tenaga surya ini merupakan tantangan terbaru dari Bertrand Piccard, yang memang berasal dari keluarga penjelajah. Kakeknya adalah orang pertama yang menerbangkan balon ke stratosfir, sedang ayahnya membawa kapal selam ke titik paling dalam di Samudra Pasifik.

Bertrand Piccard merencanakan akan terbang keliling dunia menggunakan pesawat tenaga surya ini tahun 2012. Ia bekerjasama dengan Andre Borschberg dalam membangun pesawat tersebut

“Ini merupakan momen penting setelah bekerja selama tujuh tahun,” kata Borschberg yang menjadi ko-pilot dalam uji coba ini sebelum lepas landas.

Namun pesawat tenaga surya ini tidak akan segera menggantikan pesawat konvensional karena kecepatan terbangnya hanya 70 kilometer per jam dan hanya bisa membawa dua orang, pilot dan ko-pilot. [republika]

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Pesawat Tenaga Surya Pertama di Dunia Berhasil Terbang"

Poskan Komentar