Makanan yang Membuat Tubuh Tambah Sakti

Makanan yang Membuat Tubuh Tambah Sakti

Sesuai judulnya, saya ingin ngobrolin sedikit dari banyak makanan yang cukup ampuh membuat tubuh kita bertambah sakti, sakti disini jangan diartikan sebagai sakti kayak ki Joko Bodo atau Linbad di the master :D . Maksudnya sakti adalah tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit, terutama self limited diseases atau penyakit-penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat seperti flu dan infeksi ringan. Jadi jangan dianggap kalo kita rajin makan makanan ini maka kita bisa kebal terhadap penyakit :(

Sebagaimana saya dulu pernah posting tentang sistem kekebalan tubuh, sebenarnya makanan-makanan ini mempunyai berbagai zat aktif yang memperkuat kinerja dari sistem imun. So, apa saja makanan itu? mari kita urai satu persatu mulai dari yang paling murah dan gampang didapatkan.

1. Kubis

kubisYah, sayuran yang dengan gampang kita dapatkan di pasar tradisional dengan uang 5rb udah dapet banyak ini memang sangat berpotensi sekali meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan dalam kubis terdapat zat glutathione. Udah gitu dalam kubis juga banyak mengandung ekstra antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas.

Jadi, sedikit tambahan kubis dalam sup anda merupakan ide yang bagus untuk kesehatan anda, dan enaknya lagi si kubis ini bisa masuk dalam berbagai menu makanan.


2. Semangka

semangka

Menyegarkan dan nikmat, apalagi makannya pas siang dan panas pula, hmmm… Buah yang ini kesukaan nenek saya, kabarnya pas naik haji dulu nenek saya tiap hari makan semangka melulu, di Makkah panas sih :D

Sama seperti kubis, semangka merupakan sumber glutathione dan antioksidan yang kaya. Jadi kalo anda gak suka makan kubis, bisa diganti dengan semangka.


3. Bawang Putih

bawang putih

Hmm.. apa jadinya kalo menu kuliner indonesia tanpa bawang putih? kayaknya gak lengkap deh, karena seingat saya tiap kali mama saya masak pasti gak lupa ama rempah yang satu ini, lha wong kalo pas dirumah kehabisan bawang putih kadang saya yang disuruh beli ke warung :P

Bawang putih mengandung beberapa aktioksidan yang memperingan kerja sistem immun dalam menangkal penyakit, terutama terhadap bakteri H. pylori yang menjadi tersangka terjadinya borok dan kanker perut. Tapi kabarnya kalo kita kebanyakan makan bawang putih bisa bikin bau badan gak sedap.

4. Bayam

5261321

Bayam memang dikenal sebagai makanan super, karena kalo popeye si pelaut makan bayam, wushh.. langsung tambah kuat dan siap menghajar musuh.

Ternyata cerita Popeye ini memang benar, karena bayam kaya akan folat yang membantu produksi sel dan memperbaiki DNA yang rusak dan merupakan sumber serat yang mantap. Selain itu bayam juga banyak mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkat radikal bebas.



4. Jamur Kancing

jamur kancing

Jangan beranggapan kalo jamur kancing merupakan makanan miskin nutrisi. Karena dalam jamur kancing terdapat seleneum dan beberapa antioksidan, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa kekurangan seleneum berhubungan dengan peningkatan resiko terserang flu.

O iya, Vitamin B Riboflavin dan Niacin juga terdapat dalam jamur kancing, Vitamin ini bekerja meningkatkan sistem immun.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa dalam jamur yang enak dibikin sup ini terdapat antiviral, anti bakteri dan efek anti tumor. Waaaah…

Jadi pastikan bahan makanan diatas berada dalam daftar menu makan anda. Salam sehat dan sampai jumpa diposting selanjutnya (www.juraganmedis.com).

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Makanan yang Membuat Tubuh Tambah Sakti"

Poskan Komentar