Anggrek hitam asli indonesia a.k. Coelogyne pandurata

Dikenal dengan nama Anggrek Hitam atau Black Orchid, karena pada lidahnya terdapat warna hitam. Coelogyne pandurata Lindley tersebar di Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan di Philipina di Mindanao, Luzon dan pulau Samar. Pada umumnya tumbuh pada pohon tua, didekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas.
Anggrek Hitam ditandai dengan Kelopak bunganya yang berwarna hijau pupus dan lidah bunga yang berwarna hitam sungguh menampilkan sosok bunga anggrek yang eksotis, apalagi jika kita berhasil menjumpai sosok anggrek berbunga indah ini tepat di habitatnya, yaitu di jantung hutan Kalimantan.

Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam merupakan pembawa sifat hitam yang langka, warna hitam ini menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menghasilkan silangan baru dengan corak warna bunga yang menarik.

Secara keseluruhan penampilan Anggrek Hitam ini menarik, umbinya yang berwarna hijau terang dan mempunyai permukaan umbi yang mengkilat sangat menarik untuk di pandang mata, di setiap umbi tumbuh du ahelai daun yang kaku dan berbentuk seperti pembungkus mayang kelapa, perpaduan bentuk umbi dan dua helai daun di ujungnya mirip seperti sosok seekor ikan.
Tangkai bunga yang menjuntai kebawah dengan susunan bunga yang teratur membuat penampilan anggrek ini istimewa.
Anggrek Hitam merupakan kekayaan hutan Kalimantan yang terpendam dan tidak terjaga maksimal, seiring dengan berbagai aktivitas manusia yang menyebabkan berkurangnya areal hutan, maka semakin berkuranglah habitat dan jumlah Anggrek Hitam yang tumbuh di alam Kalimantan ini, sementara potensinya sebagai bunga Anggrek Hitam yang membawa sifat warna warna hitam belum dapat kita manfaatkan dengan baik untuk kemajuan pengetahuan maupun membantu pertumbuhan ekonomi Bangsa Indonesia, semua potensinya akan sangat bermanfaat jika di kaji dan di gali dengan di tunjang oleh lembaga penelitian dan para pengusaha tanaman hias, sebab jika dapat dilahirkan satu jenis saja bunga Anggrek baru hasil silangan dari Anggrek Hitam ini dan ternyata bernilai komersial, maka potensi ekonomi yang di hasilkan akan sangat besar dan berguna bagi Bangsa ini.

Anggrek Hitam bagaikan Mutiara Hitam yang terpendam dalam kerimbunan hutan Kalimantan yang semakin menyusut luasnya, kita mungkin saya kehilangan potensi ini setelah suatu saat mutiara hitam ini musnah bersama hilangnya hutan Kalimantan. Mari kita jaga dan melestarikan kekayaan Flora Indonesia.



Spoiler for anggrek hitam:


Spoiler for peta kersik luway tambahan dari agan marhensa:


Coelogyne pandurata sendiri memiliki arti The scientific name is derived from the Greek words koilos (hollow) and gyne (woman), referring to the concave stigma. dan pandurata adalah biola, karena bentuk lidah bunga ini seperti biola
ANGGREK INI ENDEMIK KALIMANTAN GAN!, TEPATNYA DI KERSIK LUWAY, DULU KERSIK LUWAY LUAS NYA 500.000 HA ,SEKARANG TINGGAL 50 HA T_T
TENANG GAN....,KECIL KEMUNGKINAN ANGGREK INI DI KLAIM TETANGGA..,KARENA SUDAH KESOHOR DI DUNIA KALO ANGGREK INI MILIK INDONESIA SEJAK DAHULU KALA KAKEK ENTE MASIH NGEDOT | Cagar Alam Kersik Luway di Kutai Barat ,Kalimantan Timur ,Kampung Sekolaq Darat, Kecamatan Melak terkenal dengan tanaman beberapa jenis anggrek terutama jenis Anggrek Hitam atau Coelogyne Pandurata Lindl dan sudah terkenal baik nasional maupun dunia internasional.
GAMBAR SUDAH ANE REVISI LAGI GAN,SILAHKAN MENIKMATI :BEER:
ga nolak cendol gan ...
di rate bintang lima juga yah gan..
ini anggrek berbunga di rumah saya....

terima kasih gan yang udah mampir, terima kasih juga buat agan komennya mayoritas bermutu semua...:
Terimakasih juga buat agan yg sudah ngelamparin cendol ijo dan abu2 ...seger dah ane mandi cendol....

(kaskus)

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Anggrek hitam asli indonesia a.k. Coelogyne pandurata"

Poskan Komentar