Ilmuwan Temukan Apel 'Tahan Lama'

SIDNEY - Ilmuwan Australia berhasil mengembangkan tanaman apel yang diklaim sebagai varietas unggul. Apel tersebut bisa tetap segar selama sebulan penuh setelah dipetik dari pohon.

Rencananya, apel-apel tersebut mulai didistribusikan ke pasar-pasar tahun 2010 mendatang. Demikian dilansir Telegraph, Selasa (10/11/2009).

Apel yang juga diklaim sebagai apel terbaik itu dikembangkan oleh peneliti sekira 20 tahun. Apel yang diberi nama kode RS103-130 itu mampu bertahan 14 hari tanpa busuk dan tetap segar di tempat buah. Tapi jika dimasukan ke dalam lemari es, apel mampu bertahan hingga sebulan penuh tanpa membusuk.

Salah seorang peneliti, dr Simon Midleton mengatakan, Apel unik yang dikembangkannya sejak 1980 di Applethorpe Research Station sangat unik. Australia bisa menghemat sekira 6 juta poundsterling setahun jika menanam apel ini, mengingat para petani tak perlu memerlukan biaya banyak untuk melakukan penyemprotan hama.

Pengembangan apel tersebut, didukung penuh oleh pemerintah Queensland, Australia. Menurut Menteri Perindustrian Queensland, Tim Mulherin, pemerintah saat ini sedang mencari perusahaan suplier yang akan mendistribusikan apel-apel lualitas terbaik.

"Varietas apel ini juga memiliki rasa yang manis dan tahan terhadap semua penyakit," ujar Mulherin (okezone.com).

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Ilmuwan Temukan Apel 'Tahan Lama'"

Poskan Komentar