Toshiba Ciptakan Bahan Bakar Methanol untuk Ponsel



TOKYO - Temuan terbaru yang dikeluarkan perusahaan teknologi Toshiba memungkinkan ponsel mendapatkan sumber energi tak hanya dari listrik saja, melainkan juga dari bahan bakar methanol.

Dynario merupakan produk bahan bakar methanol langsung atau Direct-Methanol Fuel Cell (DMFC) yang diproduksi oleh Toshiba. Bahan bakar ini ditempatkan dalam sebuah wadah mirip cartridge seukuran telapak tangan.

Sekali dinjeksi dengan methanol, Dynario langsung bekerja menghasilkan listrik yang bisa memberikan daya pada gadget seperti ponsel atau pemutar media digital melalui kabel USB.

Bahan bakar ini bekerja dalam campuran methanol dan lingkungan oksigen. Reaksi kimia di antara keduanya kemudian menghasilkan listrik untuk memberikan daya pada ponsel.

Satu kemasan isi ulang methanol yang dibuat instan dalam waktu sekira 20 detik, dapat membuat Dynario menghasilkan daya yang cukup untuk memberikan tenaga bagi dua ponsel dengan jenis yang sama. Demikian keterangan yang dikutip dari Cellular-news, Senin (26/10/2009).

Struktur bahan bakar yang dipilih Toshiba memungkinkan keseragaman dalam penyampaian methanol ke gadget. Daya yang dihasilkan pun stabil karena dibantu oleh perangkat mikrokomputer yang terkoneksi dengan baik.

Toshiba pun mengoptimalkan performa struktur hibrida Dynario dengan baterai jenis lithium-ion untuk menyimpan daya listrik.

bagus nih buat sumber energi alternatif...

source : kaskus

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Toshiba Ciptakan Bahan Bakar Methanol untuk Ponsel"

Poskan Komentar