[PIC] Robot-Robot 'Penolong' Manusia



Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, dan pekerjaan yang berulang-ulang.

Nah ini dia robot-robot 'penolong' manusia


• BEAR: Robot yang bertugas untuk mengangkat orang

BEAR:


BEAR (Battlefield Extraction-Assist Robot) adalah robot yang bertugas untuk mengangkat para tentara yang tertembak di area konflik atau perang. BEAR bisa mengangkut beban sampai berat 250 kg dan dapat berjalan menaiki tangga. BEAR sendiri nantinya diharapkan bisa digunakan juga di lokasi bencana alam, daerah yang terkena gas beracun dan lainnya.


• Mamoru: Robot khusus untuk membantu para manula

Mamoru:


Mamoru (yang artinya untuk melindungi) adalah sebuah robot yang dibuat oleh Robot Technology Research Initiative (IRT), Jepang. Mamoru yang bentuknya seperti seorang nenek memang bertugas untuk membantu orang tua atau cacat fisik (disabled) untuk menemukan barang dimana mereka lupa meletakkannya seperti remote control TV, kacamata sampai mengingatkan anda bila waktunya makan obat. Dengan menggunakan kamera jenis "wide angle", Mamoru akan mengambil foto semua barang di setiap sudut rumah dan software di dalamnya akan mengenali dan mengingat lokasi setiap barang yang difoto (image recognition).





• Rovio: Robot yang menggantikan tugas Satpam

Rovio:


Rovio adalah robot yang berfungsi untuk melakukan pengawasan selama 24 jam penuh di dalam rumah. Dengan dilengkapi kamera maka Rovio akan berkeliling bak seorang satpam secara terus menerus kecuali dia "lapar" maka dia akan berhenti sejenak untuk mengisi ulang baterai. Dengan koneksi Wi-Fi 802.11b/g, anda dapat mengakses Rovio baik melalui HP atau komputer yang tentu saja mempunyai akses internet. Anda dapat mengatur rute dan lokasi yang harus dikunjungi oleh Rovio melalui komputer dengan software yang telah disertakan dalam paket pembelian. Dengan ini si Rovio tidak perlu mengunjungi tempat yang tidak diperlukan seperti misalnya kamar mandi atau tempat lainnya.


• Hoya HRS-V0001: Robot untuk mendampingi para petugas pemadam kebakaran

Hoya HRS-V0001:


Hoya HRS-V0001 adalah sebuah robot yang diciptakan untuk membantu para pemadam kebakaran untuk melakukan pemantauan situasi di lokasi kebakaran yang sulit dilakukan oleh para petugas pemadam kebakaran. Robot kecil dengan berat hanya 1,5 kg ini dan dikontrol melalui remote kontrol mempunyai kamera dan sensor yang bisa melihat situasi di dalam, menangkap suara, mengecek suhu, gas dan asap yang semuanya bisa ditransmisikan ke control yang ada. Sebagai robot untuk situasi kebakaran, HRS-V0001 dapat bertahan di dalam suhu panas sampai 160 °C, anti air serta tidak masalah bila terjatuh dari ketinggian 1,8m. Robot ini bisa dikontrol dengan jarak maksimum mencapai hampir 50 m.


• RIBA: Robot yang tugasnya menggendong pasien di rumah sakit

RIBA:


RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) adalah sebuah robot yang diciptakan oleh Japan Institute of Physical and Chemical Research (RIKEN) yang dikhususkan untuk mengangkat atau tepatnya menggendong pasien di rumah sakit. RIBA nantinya akan menemai para suster yang biasanya memang kesulitan untuk mengangkat pasien dari/ke atas ranjang. Selain menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi dengan Face and Voice recognition dimana RIBA mampu menjalankan perintah melalui suara dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit.



• BirdDog: Pembantu pribadi para prajurit di medan perang

Spoiler for BirdDog:


BirdDog adalah robot khusus yang diciptakan untuk menjadi asisten pribadi para prajurit di medan perang. Robot ini akan mengikuti terus kemanapun si prajurit pergi melalui sensor yang ditempelkan ke si prajurit (army). BirdDog akan membantu membawa berbagai macam perlengkapan dan peralatan yang diperlukan seperti air minum, amunisi dan obat-obatan. Di dalam BirdDog sendiri juga sudah dilengkapi dengan teknologi radar, GPS dan sensor gerak (motion detector) bahkan juga dilengkapi dengan senjata apabila si BirdDog diserang oleh musuh.




• Robot Regina: Satu lagi robot untuk menggendong pasien di rumah sakit

Robot Regina:


Regina adalah sebuah robot yang mempunyai fungsi sama dengan si RIBA yaitu mengangkat pasien di rumah sakit. Regina yang rencananya akan mulai dipasarkan pada tahun 2010 di rumah sakit di Jepang mampu mengangkat/ menggendong sang pasien dengan berat sampai 200 kg. Sama seperti si RIBA, Regina akan digunakan untuk mengangkat pasien dari atau ke tempat tidur maupun kursi roda tetapi sayangnya robot ini gagal dalam demonya dan hanya berhasil mengangkat beban sampai 80 kg saja.


• Robot TMSUK T-34: Membantu mengawasi sekaligus menangkap maling

Robot TMSUK T-34:


Robot T-34 adalah sebuah robot dengan 4 buah roda (kecepatan 6 mil per jam) yang dilengkapi dengan sensor yang dapat menditeksi panas tubuh dan seuara yang ada di dalam ruangan. Hebatnya robot ini bisa dijalankan melalui ponsel dan si pengguna bisa melihat langsung (melalui kamera di robot) situasi yang terjadi melalui ponselnya. Apabila memang ada seseorang (maling), robot T-34 ini bisa menembakkan sebuah jaring (net) untuk menangkap orang tersebut. Penggunaan jaring memang lebih aman dan manusiawi tetapi sepertinya kurang efektif karena si pencuri masih punya waktu untuk membukanya sebelum si penghuni datang.





• I See You: Robot yang akan menggantikan tugas dokter spesialis

I See You:


Beruntunglah bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan karena bila sakit dan harus menemui dokter spesialis, tidak sesulit bila kita tinggal di daerah pedesaan. Tetapi bagaimana nasib para penduduk desa bila mengalami sakit seperti itu? Sebuah Robot Doctor telah diciptakan di Canada untuk mengatasi "kesenjangan" seperti ini. Robot yang diberi nama I See You ini akan menggantikan tugas seorang dokter spesialis. Robot ini dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui koneksi internet (melalui komputer si dokter spesialis) dan melalui kamera yang ada, sang pasien dapat berkomunikasi langsung dengan seorang dokter spesialis yang nun jauh disana. Layaknya seorang dokter, robot ini dapat berkeliling ke setiap kamar pasien dan mengecek kondisi si pasien tanpa harus si pasien mengunjungi sang robot.


Semoga benar-benar bisa menjadi penolong manusia ya

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "[PIC] Robot-Robot 'Penolong' Manusia"

Poskan Komentar