Penumpang Kereta yang Nakal Bakal di Pidana

http://pujosumantri.files.wordpress.com/2008/08/keret-api-id-transport-nahverkehrszug_rdax_151x168.jpgJakarta: Pemandangan penumpang yang memenuhi atap kereta bisa jadi tak akan terlihat lagi di seluruh jalur kereta api di Jakarta dan wilayah sekitarnya atau Jabodetabek. PT Kereta Api akan mendenda siapa saja yang kedapatan naik ke atap kereta maupun menumpang di lokomotif. Denda diberlakukan pula bagi penumpang yang kepergok berada di kabin masinis. Demikian dikemukakan Abadi Sastrodiyoto, pejabat perkeretaapian Departemen Perhubungan di Jakarta, Selasa (13/10).

Seperti termaktub dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, penumpang yang berada di kabin masinis, atap kereta, lokomotif, maupun di atas kereta barang bisa dikenai pidana penjara maksimal tiga bulan dan denda Rp 15 juta.

Ancaman hukuman dan denda itu memang bisa membuat jera penumpang kereta yang bandel. Hingga kini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan memang masih sebatas melakukan sosialisasi. Namun, mulai November mendatang, ancaman pidana akan mulai diberlakukan secara resmi bagi para komuter yang kerap menumpang kereta di wilayah Jabodetabek. Selengkapnya, simak video dalam berita ini.(ASW/ANS)

source: Liputan6.com,

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Penumpang Kereta yang Nakal Bakal di Pidana"

Poskan Komentar