Lifestraw, sedotan ajaib bagi kehidupan




LifeStraw includes LifeStraw Personal and LifeStraw Family, which are designed by the Swiss-based Vestergaard Frandsen for people living in developing nations. There are several models of the product: LifeStraw Personal filters a minimum of 700 litres of water, enough for one person and one year. LifeStraw Family filters a minimum of 18,000 litres of water, providing safe drinking water for a family for more than two years. It removes 99.9999% of waterborne bacteria, 99.99% of viruses, and 99.9% of parasites. LifeStraw Personal kills 99.9999% of waterborne bacteria and 98.5% of viruses.

LifeStraw termasuk LifeStraw Pribadi dan LifeStraw Family, adalah filter air yang dirancang oleh Vestergaard Frandsen dari Swiss, bagi mereka yang tinggal di negara berkembang. Ada beberapa model produk: LifeStraw Personal filter minimum 700 liter air, cukup untuk satu orang dan satu tahun. LifeStraw Family menyaring paling sedikit 18.000 liter air, menyediakan air minum yang aman untuk sebuah keluarga selama lebih dari dua tahun. Lifestraw menghilangkan 99,9999% bakteri yang menular melalui air, 99,99% virus, dan 99,9% parasit. LifeStraw Personal membunuh 99,9999% bakteri air dan 98,5% virus.


The LifeStraw Personal is a plastic tube 31 centimeters long and 30 millimeters in diameter, and costs around $5.00 plus shipping. Water that is sucked through the straw first passes through a mesh of 100-micrometer spaces, then through a mesh of 15-micrometer spaces. Water then passes through a chamber with iodine-coated beads, killing remaining bacteria. The water passes through an empty chamber, then finally passes through active carbon, removing the iodide taste and medium-sized bacteria. The entire process is powered by suction, similar to using a conventional drinking straw, and filters up to 700 liters of water. The filter does not currently remove Giardia lamblia, but the company is working on this issue.

LifeStraw Pribadi adalah tabung plastik panjang 31 cm dan diameter 3cm, dan biayanya sekitar $ 5,00 termasuk ongkir. Air yang disedot melalui sedotan, pertama-tama melewati sebuah mata yg terdiri atas 100 lubang mikrometer , kemudian melalui mata yg terdiri atas dari 15 lubang mikrometer. Air kemudian melewati sebuah ruangan dengan manik-manik berlapis iodin, membunuh bakteri yang tersisa. Air melewati sebuah ruang kosong, lalu akhirnya melewati karbon aktif, menghilangkan rasa iodida dan bakteri berukuran menengah. Seluruh proses diaktifkan oleh kekuatan sedotan mulut, mirip dengan menggunakan sedotan minum biasa, dan menyaring hingga 700 liter air. Filter ini tidak menghapus Giardia lamblia, tetapi perusahaan tersebut sedang bekerja pada isu ini.

Penjelasan dari sumber indo, mirip2 sih

Terkadang solusi yang paling inovatif ternyata adalah yang paling sederhana. LifeStraw merupakan salah diantara temuan yang paling inovatif tersebut. Alat yang berbentuk sedotan ini diciptakan oleh Vestergaard Frandsen sebagai hasil dari penelitian selama puluhan tahun oleh para peneliti air, untuk orang-orang yang hidup di negara-negara berkembang. Jika setiap orang yang kekurangan sumber air minum bersih mendapatkan LifeStraw sekarang ini, maka puluhan juta nyawa bisa langsung diselamatkan. Alat ini merupakan sebuah sedotan plastik sepanjang 31 cm dan berdiameter 30 mm dengan harga sekitar $3,00. Apabila air permukaan yang mengandung Salmonela, Shigella, Enterococcus dan Staphylococcus serta bakteri-bakteri dari air lainnya dihisap lewat sedotan ini, bakteri-bakteri berbahaya tersebut akan terjebak di dalam dan air bersih yang aman bisa langsung diteguk. Filter ini dapat digunakan selama satu tahun penuh untuk satu orang dan setelah itu harus diganti.


Alat ini tidak memiliki bagian-bagian yang dapat dilepas, tidak menggunakan listrik dan tidak memerlukan perawatan. Ini menjadikannya sebagai sebuah cara menyaring air yang sederhana dan terjamin yang bisa digunakan siapapun di dunia ini. Satu-satunya persyaratan yang diperlukan adalah kemampuan untuk menghisap. Bahkan anak kecil dan bayi bisa diselamatkan dengan menggunakan LifeStraw. Penyakit seperti difteria, kolera dan diare yang disebabkan oleh bakteri umum akan dicegah dengan penggunaan LifeStraw.

Inovasi-inovasi yang diberikan oleh LifeStraw sangat mengesankan sehingga disebut sebagai salah satu temuan terbesar di 2005 oleh Time Magazine dan memenangkan Index Award untuk inovasi di bidang desain yang akan secara signifikan memperbaiki hidup manusia. Biaya yang murah dan imbas langsung yang bisa dimiliki oleh LifeStraw ketika mencapai orang-orang yang membutuhkan akan menjadikan alat ini sebagai alat yang sempurna untuk para kelompok-kelompok amal di dunia. Dengan dikombinasikan dengan dengan upaya-upaya baru untuk menyediakan sumur dan waduk-waduk bagi masyarakat, LifeStraw bisa memberikan kontribusi langsung yang signifikan bagi krisis air global yang kita hadapi dengan mewujudkan Tujuan Pembangunan Milenium yakni mengurangi setengah jumlah orang yang tidak memiliki akses berkelanjutan terhadap air minum yang aman pada tahun 2015. LifeStraw juga bisa menjadi cara yang jitu untuk mengatasi kebutuhan mendesak akan air oleh para korban bencana alam seperti angin badai, gempa bumi dan lain-lain.

harga lifestraw di indo

Jangan kaget:



mungkin mahal karna distributor nya masi dikit, jadi di monopoli...hehehe


pasti sebagian besar dari kita belum pernah lihat atau dengar produk ini
gw pernah nonton di discovery channel, barang ini termasuk salah 1 penyelamat ketika terjadi bencana tsunami di Aceh, dimana air bersih sangat sulit untuk di dapatkan
harusnya di Indo lebih banyak lagi barang seperti ini, tentu sangat berguna jika terjadi bencana (seperti yg terjadi sekarang ini)
dan juga teman2 kita di pedalaman pun tertolong. Sering kan lihat iklan nya di TV

source: kaskus.us

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Lifestraw, sedotan ajaib bagi kehidupan"

Poskan Komentar