kesini gann yang penasaran mekanisme kerja toilet!!


TOILET MECHANISM


with ANIMATION







ini dia alat yang setiap hari pasti juragan-juragan semua pake, entah buat air kecil atau buang . pernah ngga sih sambil nungguin "pekerjaan" selesai, juragan nanya dalam hati: "ini toilet kok gw siram terus tapi ngga bisa penuh-penuh ya??" atau "kok tanki airnya bisa tau ya kapan harus berhenti ngisi pas tankinya penuh??" dan sebagainya..
kalo iya, cekidott aja deh gan sekilas penjelasan penting-ngga-penting di bawah ini



liat dulu nih gan bagian-bagiannya..

cekidott:



pada toilet secara garis besar ada dua bagian: tank, tempat airnya dan bowl siphon (trapway), tempat buang nya.. pembagian-pembagian lebih rinci bisa diliat sendiri aja yaahh

di dua bagian itu terjadi mekanisme kerja masing-masing yang unik.
kita mulai aja deh dari mekanisme bowl siphon dimana kita bisa denger suara flush yang unik.



Pertama, air dari tanki air sebanyak kurang lebih 7,6 L diguyur ke bowl. ostosmastis air yang ada di bowl bakal terdorong menuju yang namanya siphon, yaitu pipa berbentuk S dimana lengkungannya berada diatas garis air di bowl. dengan dorongan yang kuat sang pun bisa melewati siphon. lalu setelah guyuran selesai, udara dari luar ostosmastis akan mengisi siphon yang tadinya dipenuhi air. naah, disinilah suara flush muncul..

pake animasi lebih jelas nihh gan..




lalu kenapa bowl-nya ngga bisa dipenuhin air? kuncinya di bentuk S pada siphon. ingat air akan mengisi suatu ruang yang terhubung dengan tinggi permukaan yang sama. jadi air di bowl hanya akan terisi sampai batas lengkungan siphon dan apabila ditambah, airnya hanya akan menetes pada bibir siphon.


nahh sekarang kita ke mekanisme pengguyuran dan pengisian ulang.
kita anggap tanki diisi air penuh. tuas toilet tersambung dengan rantai dengan flush valve (penutup agar air tidak menuju bowl). ketika tuas diputar, flush valve-pun akan terbuka dan akan tetap terbuka hingga semua air menuju bowl. ketika air habis, flush valve-pun ostosmastis jatuh dan menutup.

sesaat ketika volume air di tanki berkurang, filler float (semacam pelampung) akan ikut turun. disini mekanisme pengisian ulang dimulai. ketika pelampungnya turun, air akan mengisi tanki. naaahh ketika tanki mulai terisi dan ketinggian air dalam tanki bartambah, pelampungnya pun kembali naik dan menutup jalan masuk air.

gw panjang lebar mungkin ngga guna kalo ngga ada animasinya.

diliat lagi deh animasi yang tadi..



sekarang kita rangkum keseluruhan mekanismenya:

1. tuas diangkat, flush valve terbuka.
2. sekitar 7,6 L air mengguyur bowl selama kurang lebih 3 detik, flush valve tertutup.
3. air dari tanki mendorong melewati siphon.
4. ketinggian air di tanki menurun, pelampung juga turun dan membuka filler valve.
5. ketinggian air pada tanki naik, pelampung ikut naik dan menutup filler valve.


ada yang nanya nih..

Originally Posted by morsh View Post
kalo disiram terus larinya ke mana gan ?
gw kira itu yg mo di ceritain.

Septic Tank



E= septic tank



di septic tank limbah-limbah dari rumah akan berkumpul. di septic tank ini akan terbentuk 3 lapisan: lapisan B (scum layer) adalah lapisan yang lebih ringan dari air dan lapisan D (sludge layer) lebih berat dari air. lapisan-lapisan ini nantinya akan didekomposisi oleh bakteri. sedangkan lapisan C, air, akan menuju drain field dimana air akan diserap oleh tanah.




ternyata..

cekidott:




source : kaskus



Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "kesini gann yang penasaran mekanisme kerja toilet!!"

Poskan Komentar