5 Kawah Lava Paling Spektakuler Di Dunia!!

5 kawah lava paling spektakuler di duniaAlam memang seakan tidak ada habisnya untuk dijelajahi, nah gw mencari informasi dari berbagai sumber ternyata di dunia ini ternyata ada 5 kawah lava paling spektakuler yang pernah terekam dan terdokumentasi, kawah lavanya keren dan bagus banget tapi tetep bahayanya juga tinggi hikxzz, sobat mau tau dan kenali 5 kawah spektakuler di dunia? yooo~~ lanjut bacanya sob!

1. Nyiragongo, Republik Kongo.
Nyiragongo mungkin adalah kawah lava paling kejam di dunia yang disebabkan oleh aktivitas gunung Nyiragongo dan menyebabkan sering terjadi letusan-letusan gunung berapi, terbentuk dari retakan kerak bumi di mana merupakan bagian pecahan lempeng Afrika. Nyiragongo adalah Stratovolcano, yang menjulang tinggi dengan puncak kawah utamanya berkedalaman 250 m dan lebar 2 km . Letusan utama dimulai pada 17 Januari 2002, yang menyebabkan 500.000 orang kehilangan tempat tinggal dan aliran lavanya bahkan sampai di kota Goma, yang terletak 20 km jauhnya.

nyiragongo3
nyirangongo2
nyiragongo
2. Erta Ale, Ethiopia.
Erta Ale gunung berapi dengan kawah lava setinggi 613 m, berbentuk perisai dan terisolasi tepat di atas Rift Afrika Timur. Gunung berapi perisai mendapatkan nama mereka dari sudut rendah profil yang menyerupai perisai prajurit. Ethiopia Erta Ale adalah gunung berapi yang paling aktif. Danau lava berada di puncak dan merupakan kawah lava terpanjang di dunia dan tertua, seperti yang telah hadir sejak awal abad lalu. Erta Ale terletak di Depresi Afar, sebuah daerah gurun di perbatasan ke Eritrea. Gunung berapi tersebut mengeluarkan letusan besar terakhir pada 25 September 2005.

erta ale

erta ale3
Di bawah ini adalah tampilan helikopter, diambil pada Februari 1994, dari danau lava aktif. Bercak merah di dalam kawah adalah lava yang melanggar melalui danau lava dipadatkan, kerak hitam.

erta ale2
3. Kilauea, Hawaii
Kilauea adalah gunung api termuda dan mungkin juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif, terus menerus memuntahkan lahar sejak 3 Januari 1983. Tidak mengherankan jika kemudian terdapat mitos yang merupakan tempat para dewa, karena itu adalah rumah Pele, dewa gunung berapi Hawaii. Dia adalah salah satu dewa yang marah ketika setiap terjadi letusan masyarakat sekitar menganggap dia dalam suasana hati yang buruk. Kilauea ( "memuntahkan" dalam bahasa Hawaii) adalah salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk perisai pulau Hawaii.

kilauea
kilauea2
kilauea3
kilauea4
4. Mount Erebus, Antartika.
Gunung Erebus ulau Ross di Antartika dikatakan seperti ungkapan "api dan es". Gunung setinggi 3.794 m ini merupakan gunung berapi bertipe Stratovolcano dan mengeluarkan Letusan terakhir pada tahun 2008 dan masih terus terjadi. Gunung Erebus adalah bagian dari dunia selatan gunung berapi aktif dan bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah kumpulan lebih dari 160 gunung berapi aktif. Dinamai demikian berdasarkan namasuatu dea yunani "Erebus" yang berarti "kegelapan" dan yang meru[akan putra dewa Kaos.

erebus2
erebus
5.Villarrica, Chili.
Dibandingkan dengan danau lava sebelumnya, Villarrica's, meiliki kawan dengan panjang 250 m dan kedalaman 100 m, relatif kecil dan mungkin telah menyusut lebih lanjut sejak kegiatan puncaknya pada bulan November 2004, ketika para pendaki ke puncak gunung berapi tersebut kawah lava tersebut. Villarrica adalah gunung dengan ketinggian 2.847 m dpl dan biasanya tertutup salju dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di chili.

vilarica
vilarica2

source: ad4msan

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "5 Kawah Lava Paling Spektakuler Di Dunia!!"

Poskan Komentar