Doujutsu Dalam Kisah Naruto


Posted by: wimax | September 13, 2008 |

Well, sebenarnya saya penggemar berat serial Naruto. Ide ceritanya sangat menarik, yaitu mengisahkan kehidupan ninja yang memiliki bermacam-macam latar belakang. Banyaknya teknik ninja yang aneh dan unik pun menjadi nilai tambah tersendiri buat penggemarnya.

Namun beberapa waktu lalu, saya merasa penasaran setelah membaca salah satu komiknya. Satu hal yang membuat saya penasaran adalah ‘doujutsu’ atau ‘teknik mata’. Doujutsu adalah teknik spesial yang membuat indera penglihatan memiliki kemampuan lebih tinggi daripada mata biasa.

Doujutsu tidak dimiliki oleh sembarang ninja. Biasanya diwariskan turun temurun. Berikut akan saya paparkan secara singkat 3 jenis doujutsu yang terdapat dalam kisah Naruto, yaitu Byakugan, Sharingan, dan Rinnegan.

(Buat penggemar Naruto, mohon maaf kalau ada keterangan yang keliru. Maklum, hasil copy-paste dari internet sih)

1. Byakugan (Mata Putih)

Dasar teknik Byakugan adalah : Memancarkan cakra ke sekitar dan memfokuskannya ke mata. Saat menggunakan Byakugan, otot di sekitar mata akan menjadi tegang.

Pemakai Byakugan dapat melihat aliran cakra lawannya dan melihat dengan radius 360 derajat (atau tergantung tingkat cakra yang dimilikinya). Sangat efektif untuk pertarungan jarak dekat. Namun kurang efektif untuk pertarungan jarak jauh.

Selain itu, Byakugan memiliki kelemahan yaitu adanya titik buta (blind spot) di daerah tengkuk.

Pemakai Byakugan : Neji Hyuuga dan anggota keluarga Hyuuga.

2. Sharingan (Mata Roda Penjiplak)

Mata yang terkutuk yang dimiliki keluarga Uchiha. Kekuatan Sharingan dapat dilihat dari banyaknya titik pupil dalam mata (biasanya 1-3 buah).

Keistimewaan Sharingan adalah :

  • Dapat menghafal / menjiplak / meniru teknik orang lain secara cepat dan menggunakannya untuk dirinya sendiri
  • Melakukan hipnotis
  • Memprediksi / menganalisis pergerakan seseorang dan menghindari serangannya

Mangekyo / Mangekyou / Mangenkyoushi Sharingan adalah jenis Sharingan terkuat di mana semua titik pupil Sharingan di mata bergabung menjadi suatu bentuk tertentu (bentuknya antara seseorang dengan orang lain tidak sama). Penggunaan Mangekyou Sharingan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kebutaan mata.

Adapun jurus-jurus yang pernah dipakai oleh pemilik Mangekyou Sharingan adalah :

  • Tsukiyomi : Menjebak lawan dalam dimensi lain
  • Amaterasu : Jurus api hitam pemakan segala
  • Susano’o : Teknik memanggil “monster” pelindung

Pemakai Sharingan : Sasuke Uchiha, Itachi Uchiha, Tobi (Madara Uchiha), anggota klan Uchiha, serta Kakashi Hatake.

Note : Mata kiri Sharingan milik Kakashi Hatake sebenarnya adalah warisan dari temannya, Obito Uchiha.

3. Rinnegan (Mata Perpindahan Jiwa)

Mata yang lebih terkutuk daripada Sharingan. Konon, mata ini digunakan oleh Rikudou-Sennin untuk menciptakan dunia Shinobi.

Kemampuan Rinnegan yaitu membagi-bagi nyawa pemiliknya untuk disimpan di tubuh lain. Dan antara satu tubuh dengan tubuh yang lain dapat berbagi penglihatan, sesuai dengan sudut pandang penglihatan yang dimilikinya.

Selain itu, pemilik Rinnegan dapat dengan mudah menguasai 6 (semua) tipe cakra dan berbagai teknik ninjutsu yang diajarkan kepadanya.
Pemakai Rinnegan : Pain Rikudou (pemimpin organisasi Akatsuki, yang memiliki nama asli Nagato).

sourc

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Doujutsu Dalam Kisah Naruto"

Poskan Komentar