Sarjana Menganggur Capai 2,6 Juta Orang


http://anwararis.files.wordpress.com/2009/02/bush-nganggur.jpg


Jakarta, GhaboNews - Pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia saat ini mencapai 2,6 juta orang dari total pengangguran kurang lebih 40 juta orang.

Dari jumlah itu terbagi atas pengangguran terbuka mencapai kurang lebih 1,2 juta orang dan setengah pengangguran mencapai kurang lebih 1,4 juta orang.

"Mereka merupakan lulusan perguruan tinggi baik sarjana maupun diploma," kata Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Kusdi Raharjo di Jakarta, Jumat (19/6).

Menurut Kusdi, penyebab pengangguran adalah minimnya jumlah lapangan kerja di dalam negeri serta rendahnya tingkat keahlian yang dimiliki oleh seseorang.

Seharusnya, kata dia, lulusan perguruan tinggi harus memiliki keahlian yang salah satunya adalah bidang wirausaha (bisnis).



http://larutmalam.files.wordpress.com/2008/10/lulus-nganggur5.jpg


"Wirausaha adalah sangat efektif untuk mengurangi masalah pengangguran. Namun pelaku harus memiliki keahlian," katanya disela seminar "Peran Strategis School of Business Menghadapi Persaingan Global" di Universitas Atma Jaya Jakarta.

Sementara itu Guru Besar UI bidang Bisnis Internasional, Ferdinand D Saragih mengatakan, kurikulum sekolah bisnis harus diperbaiki sesuai dengan kebutuhan seiiring dengan arus globalisasi.

"Pemimpin-pemimpin perusahaan bisnis masih terus menginginkan supaya "business school" mendesain ulang program studi bisnis untuk mengakomodir tantangan-tantangan globalisasi," katanya saat dikonfirmasi.

source:----------------------------------------------
http://unik77.blogspot.com/2009/06/sarjana-menganggur-capai-26-juta-orang.html

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Sarjana Menganggur Capai 2,6 Juta Orang"

Poskan Komentar