Robot Ilmuwan Pertama di Dunia Telah Diciptakan, ADAM


Robot Ilmuwan pertama, ADAM
dan orang yang melahirkannya, Prof. Ross King

"Scientists increasingly rely on computers to analyze their data. But the highest-level thinking--the formulation of hypotheses and designing of experiments to test them--has remained the preserve of humans. That's starting to change."


Ini akan menjadi
salahsatu titik terpenting dalam sejarah sains. Para ilmuwan, telah berhasil mengembangkan sebuah robot, yang dapat berpikir dan bekerja seperti para ilmuwan, dan akhirnya menghasilkan penemuannya sendiri. Sebuah robot bernama, ADAM.

Sebelumnya manusia telah menciptakan robot yang dapat menggantikan manusia untuk bekerja di pabrik-pabrik. Manusia juga telah menciptakan robot yang mampu berperang sendiri, seperti pesawat robot tak berawak Amerika, MQ-9 Reaper. Sekarang manusia juga telah menciptakan robot yang dapat berpikir sendiri seperti para ilmuwan di laboratorium.

ADAM dapat menciptakan hipotesis sendiri, melakukan berbagai eksperimen, dan akhirnya menghasilkan kesimpulan, menghasilkan sebuah penemuan sendiri. Dan lalu mengembangkannya lagi, dan seterusnya. Semua itu dilakukan tanpa bantuan manusia.

ADAM dikembangkan di Universitas Aberystwyth di Inggris oleh Prof. Ross King. Dan robot ini bisa melakukan sampai 1.000 eksperimen perharinya. Saat ini terutama digunakan dalam bidang genetika untuk mengidentifikasi fungsi-fungsi spesifik dari sebuah gen.

Penemuan pertamanya? Adam berhasil mengidentifikasi fungsi dari beberapa gen dalam sebuah sel ragi (yeast). Ini sangat penting karena sel ragi yang sederhana bisa menjadi dasar awal pengidentifikasian semua sistem biologis makhluk hidup, termasuk manusia.


"as programs continue to improve, automated systems may come up
with discoveries humans would never have imagined."

Bruce Buchanan, University of Pittsburgh

"Such robo-scientists could be put to work unraveling complex biological systems, designing new drugs, modeling the world’s climate, or understanding the cosmos... People have been working on this since the 1960s. When we first sent robots to Mars, they really dreamt of the robots doing their own experiments on Mars.
After 40 or 50 years, we’ve now got the capability to do that."
Ross King

source:----------------------------------------------
http://imperiumindonesia.blogspot.com/2009/04/robot-ilmuwan-pertama-di-dunia-telah.html

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Robot Ilmuwan Pertama di Dunia Telah Diciptakan, ADAM"

Poskan Komentar