Crystal of Knowledge, Perpustakaan Terbesar di Dunia akan Dibangun di Depok

Perpustakaan terbesar di dunia, UI


Benar-benar luar biasa!
Ini perasaan saya saat membaca berita ini. Benar-benar bangga rasanya bahwa hal ini bisa terjadi di Indonesia. Harapan-harapan besar bisa dengan mudah tumbuh dari sini.

Universitas Indonesia, akhirnya mungkin akan bisa mewujudkan impiannya jadi salahsatu institusi pendidikan terdepan di seluruh dunia, bukan cuma di Indonesia. Universitas Indonesia, yang ada di Depok, akan membangun sebuah perpustakaan raksasa dengan desain yang indah dan spektakuler senilai Rp 100 Milyar, "Crystal of Knowledge".

Perpustakaan super megah ini akan mempunyai tinggi 8 lantai, dengan luas area nyaris mencapai 2,5 hektar. Buku-bukunya akan mencapai 5 juta buku-buku terbaik dan terbaru dari seluruh dunia, selain tentu dilengkapi dengan akses internet super high speed dan multimedia canggih. Saking besarnya, perpustakaan ini akan mampu menampung 10.000 orang sekaligus secara bersamaan!

Arsitekturnya terdiri dari kombinasi batu dan kaca-kaca lebar seperti prasasti, dengan tulisan-tulisan dan huruf dari seluruh peradaban dunia. Pohon-pohon besar yang ada di sekitarnya dibiarkan tumbuh, sehingga perpustakaan ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa antara lingkungan hijau yang asri dengan arsitektur canggih dan modern. Lokasinya pun terletak di dekat Danau Kenanga UI. Benar-benar sangat menyenangkan.

Mungkin nanti jutaan warga Depok dan sekitarnya (Jabotabek) akan lebih senang menghabiskan waktunya di sekitar perpustakaan ini daripada ke mal. Sambil berharap-harap anak-anaknya akan ikut tertular menjadi cerdas dan senang menimba ilmu.

Tidak kalah hebatnya, gedung ini juga akan memakai konsep ”Green Energy” yang sustainable dan sangat efisien. Seluruh kebutuhan listrik di gedung raksasa ini akan dipasok menggunakan tenaga Matahari. Kendaraan bermotor juga tidak diperkenankan memasuki area perpustakaan ini. Para pengunjung bisa berjalan kaki ataupun dengan sepeda.

Gedung ini sendiri bisa dibangun berkat kerjaama antara pemerintah, Universitas Indonesia, dengan swasta, yaitu Bank BNI. Benar-benar sinergi yang visioner antara dunia pendidikan dan swasta.

Perpustakaan, adalah monumen peradaban. Monumen yang menunjukkan ketajaman visi suatu bangsa dan para pemimpinnya terhadap Pengetahuan dan Keunggulan bangsanya. Dengan perpustakaan yang unggul, semua masyarakat, berjuta-juta orang, dari anak-anak sampai dewasa, kalangan atas maupun bawah bisa sama-sama mendapatkan segala ilmu pengetahuan terunggul di dunia.

"The man who enters a library is in the best society this world
affords; the Good and the Great welcome him, surround him, and humbly ask to be allowed to become his servants."
Andrew Carnegie, 1895


Ilmu pengetahuan termaju, sains dan teknologi tercanggih, pemikiran para tokoh besar, para pemimpin dunia, orang-orang paling genius dalam sejarah atau bahkan para pengusaha-pengusaha paling sukses yang kekayaannya tidak terbayangkan, semua bisa didapatkan ilmunya dengan mudah, dan murah. Itulah kedahsyatan sebuah Perpustakaan. Dan kita akan segera mempunyai perpustakaan terbesar di dunia.

Semoga dengan fasilitas yang sangat hebat ini, bangsa Indonesia, dan warga Depok khususnya, bisa menjadi masyarakat baru yang unggul dengan wawasan yang berkelas dunia. Crystal of Knowledge, perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia!

Terimakasih Universitas Indonesia. Terimakasih Bapak Rektor UI Prof. Dr. Gumilar R. Soemantri. Seperti tertulis di website-nya, Welcome, to The Future!!



Perpustakaan ini akan segera dibuka untuk umum
pada Desember 2009, sebentar lagi..

source:----------------------------------------------
http://imperiumindonesia.blogspot.com/2009/06/crystal-of-knowledge-perpustakaan.html

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Crystal of Knowledge, Perpustakaan Terbesar di Dunia akan Dibangun di Depok"

Poskan Komentar