Robot Anjing Calon Prajurit Perang AS

Robot perang buatan militer AS yang diberi nama Big Dog ini sangguop berjalan di medan yang berat seperti salju.
Kamis, 30 April 2009 | 17:36 WIB

KOMPAS.com — Untuk menghindari risiko jatuhnya korban jiwa dalam operasi perang, militer AS mengembangkan robot prajurit. Robot berkaki empat, sebesar anjing, dan panjang sekitar satu meter tersebut diberi nama Big Dog.

Bentuknya memang dibuat ramping dengan berat hanya sekitar 80 kilogram agar leluasa bergerak. Pergerakannya dikendalikan dengan motor hidraulik yang didesain untuk memanfaatkan setiap pijakan kaki untuk mendorong langkah berikutnya. Robot tersebut sanggup berjalan minimal dengan kecepatan 6,4 kilometer per jam dengan beban tambahan 170 kilogram.

Fungsinya memang didesain untuk membantu pasukan darat, seperti mengangkut logistik atau pasukan yang terkena tembakan lawan. Kamera dan sistem komputer yang dibawanya diprogram untuk mengantarkan pesanan ke lokasi yang telah ditetapkan dengan panduan satelit.

Departemen Pertahanan AS di Pentagon telah menghabiskan dana 20 juta dollar AS untuk mengembangkannya bekerja sama dengan Boston Dynamics. Jika riset berjalan lancar, robot tersebut diharapkan dapat diuji coba pertama kali di medan perang Afganistan dalam beberapa bulan ke depan.

-----------------
source:http://sains.kompas.com/read/xml/2009/04/30/17363726/robot.anjing.calon.prajurit.perang.as

Artikel Terkait Lainnya



0 Responses to "Robot Anjing Calon Prajurit Perang AS"

Poskan Komentar