Pengolah Vektor Terbaik

Selalu gunakan program2 vektor yang umum digunakan di dalam dunia desain grafis dan percetakan. mengapa?
  1. untuk dapat mencetak karya anda dengan kualitas dan warna yang seakurat mungkin, umumnya pihak percetakan akan meminta file asli dari hasil karya tersebut.
  2. apabila anda menggunakan program yang tidak termasuk di dalam standar dunia percetakan untuk mendesain karya anda, terpaksa file output karya anda tersebut harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam format file yang lainnya. proses ini cukup rumit, memakan waktu lebih lama dan memiliki kemungkinan penurunan kualitas hasil cetak.
  3. menggunakan program yang umum digunakan di dalam dunia percetakan memudahkan anda untuk dapat mengkomunikasikan harapan2 anda mengenai hasil akhir desain dengan pihak printing, dikarenakan anda dan pihak percetakan dapat saling mengerti karena menggunakan design tool yang sama.
Berikut adalah daftar beberapa vector design tool yang telah menjadi 'de facto' di dalam dunia desain grafis dan printing:

1. Yang terbesar dan paling banyak digunakan: Adobe Illustrator.

Kekuatan: tool2 dan fasilitas yang sangat lengkap yang memungkinkan anda untuk mendesain karya2 anda, bahkan dengan tingkat kerumitan yang tinggi sekalipun. keunggulannya lainnya adalah kompatibilitas dengan tool grafis/web adobe lainnya yang tidak kalah powerful, yaitu photoshop.

Kelemahan: butuh space harddisk dan memory yang sangat besar, cenderung untuk menghabiskan sumber daya komputer yang lebih besar dengan tool2 grafis serupa, sehingga membuatnya lamban, bahkan dapat membuat komputer hang apabila menggunakan komputer dengan resource yang pas2an.

Saran: hanya cocok digunakan oleh hobbyist desain grafis, desainer grafis fulltime atau bisnis percetakan.

-----------------

2. Yang paling mudah dipelajari dan paling ringan: Macromedia Freehand.

Kekuatan: sangat ringan: (ukuran file program yang kecil, tinggal menghabiskan sumber daya komputer seperti cpu dan memory, dapat dioperasikan oleh komputer dengan spesifikasi minimal sekalipun), mudah dipelajari (saya menguasai freehand dengan bantuan buku panduan hanya dalam waktu 1minggu), dan interface yang sederhana/mudah dimengerti. juga freehand memiliki kemampuan untuk printing hasil cetak dengan tingkat akurasi warna yang tinggi.

Kelemahan: pembuat freehand, yaitu macromedia, telah dibeli oleh raksasa graphic tool yaitu adobe, dan untuk menyelamatkan illustrator maka freehand dilebur ke dalamnya dan ditiadakan/discontinued. jadi anda tidak akan menemukan freehand dengan versi yang lebih tinggi daripada freehand MX, dan pengguna mainstream sedang menuju adopsi penuh adobe illustrator.

Saran: selalu sediakan freehand sebagai backup apabila tool grafis utama anda mengalami masalah. juga untuk pemula yang ingin cepat menguasai tool grafis dan menggunakan komputer dengan spek minimal, gunakan tool ini.
-----------------

3. Si kuda hitam: Corel Draw.

Kekuatan: Corel Draw adalah tool yang memiliki gabungan kekuatan illustrator dan freehand, tetapi sayangnya juga kekurangan. sama seperti freehand, tool ini mudah untuk digunakan dan dipelajari. ia juga memiliki fasilitas2 yang lengkap dan sangat kaya, dan salah satu keunggulan utama corel draw adalah fasilitas exporting nya yang powerful.

Kelemahan: sama seperti illustrator, corel draw memakan memori besar ketika digunakan, terutama ketika ilustrasi yang anda rancang memiliki detil yang cukup kompleks. beberapa pihak juga mengatakan bahwa corel draw memiliki masalah di dalam keakuratan pencetakan warna, yang tentunya harus diverifikasi ulang. kelemahan terbesar corel draw masalah kompatibilitas, yaitu eksporting dan importing dari dan ke tool2 grafis lainnya.

Saran: Corel Draw adalah pilihan kedua setelah adobe illustrator, apabila anda membutuhkan vector design tool yang canggih namun lebih mudah dipelajari dan dioperasikan, gunakan corel draw. tetapi apabila anda merancang ilustrasi yang banyak membutuhkan manipulasi/editing gambar, gunakan illustrator dan photoshop.
-----------------

Artikel Terkait Lainnya



1 Response to "Pengolah Vektor Terbaik"

bangteh Says :
27 Desember 2008 03.42

kalo guwa bandingin corel ama illustrator, sama-sama penting tuh.. apalagi dikolaborasiin dgn photoshop..wuiiih muantep cooyy

Poskan Komentar